This is a bridge
This bridge is very long
On the road again
This slideshow uses a JQuery script adapted from Pixedelic
Breaking News
Hasil liga champions: Juventus 2 - 0 olympiakos, PSG 3 - 0 Muenchen, CSKA 1 - 4 MU, Qarabag 1 - 2 Roma, Sporting 0 - 1 Barca, Atletico 1 - 2 Chelsea
Pengajuan SPM LS Kontraktual dengan BAST 1 s.d. 31 Agustus 2017 paling lambat tgl.15 September 2017
KPPN Medan II Jalankan Program “Perbendaharaan Go Green”

Bagaimana menurut anda tampilan dari website kami?

Sangat Bagus - 66.7%
Bagus - 16.7%
Cukup - 8.3%
Kurang Bagus - 8.3%

Total votes: 12

Sejarah Singkat KPPN Medan II

Print
Category: Informasi Created on Saturday, 01 January 2011

Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara telah diundangkan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 5 April 2003 sebagai awal dari Reformasi Manajemen Keuangan Pemerintah. Salah satu hal penting dalam undang-undang tersebut adalah peniadaan fungsi ordonansering pada Departemen Keuangan dalam hal ini Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara (KPKN) yang dialihkan kepada kantor/satuan kerja kementerian Negara/Lembaga. Hal tersebut diikuti dengan Reorganisasi Kementerian Keuangan, dimana KPKN berubah menjadi Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) sehingga hanya menjalankan fungsi Bendahara Umum Negara (comptabel).

KPPN sebagai salah satu unit organisasi pemerintahan pada Kementerian Keuangan mempunyai tanggung jawab yang sama dengan unit organisasi pemerintahan yang lain dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Untuk mewujudkan good governance di seluruh unit kerjanya, Kementerian Keuangan menjalankan program Reformasi Birokrasi. Langkah awal perwujudan Reformasi Birokrasi untuk bidang pekerjaan perbendaharaan negara, pada tanggal 30 Juli 2007 Departemen Keuangan membentuk 18 Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Percontohan di 17 propinsi dan salah satu KPPN Percontohan yang telah dibentuk adalah KPPN Medan II. Melalui konsep KPPN percontohan inilah tekad melaksanakan layanan cepat, tepat, transparan, dan tanpa biaya dicanangkan.

Kondisi dan Letak Geografis

Kota Medan adalah ibu kota provinsi Sumatera Utara. Kota ini merupakan kota terbesar di Pulau Sumatera. Kota Medan merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat dan juga sebagai pintu gerbang bagi para wisatawan untuk menuju objek wisata Brastagi di daerah dataran tinggi Karo, objek wisata Orangutan di Bukit Lawang, dan Danau Toba.

Kota Medan memiliki luas 26.510 hektar (265,10 km²) atau 3,6% dari keseluruhan wilayah Sumatera Utara. Jika dibandingkan dengan kota/kabupaten lainnya, Medan memiliki luas wilayah yang relatif kecil dengan jumlah penduduk yang relatif besar. Secara geografis kota Medan terletak pada 3° 30' – 3° 43' Lintang Utara dan 98° 35' - 98° 44' Bujur Timur. Untuk itu topografi kota Medan cenderung miring ke utara dan berada pada ketinggian 2,5 - 37,5 meter di atas permukaan laut. Kota Medan mempunyai iklim tropis dengan suhu minimum berkisar antara 23,2ºC - 24,3ºC dan suhu maksimum berkisar antara 30,8ºC - 33,2ºC.

Kedudukan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Medan II berada tepat di jantung Kota medan yaitu di Gedung Keuangan Negara I Medan lantai 1 yang terletak di Jalan Pangeran Diponegoro No.30 A Kota Medan Propinsi Sumatera Utara, bersebelahan dengan Kantor Gubernur Sumatera Utara.

Sejarah Singkat

Medan yang dikenal sebagai Kota terbesar di Sumatera Utara menjadi  tempat berdirinya KPPN Medan II. Lahir sejak bulan Juli tahun 2005, KPPN Medan II  menjadi instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang berada dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara.

Era reformasi birokrasi dalam tubuh Ditjen Perbendaharaan, sebagai salah satu implementasi dari TAP MPR-RI Nomor XI/MPR/1998 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas dari KKN, menjadi tonggak lahirnya KPPN Percontohan Medan II, dimana KPPN Medan II menjadi 1 dari 18 KPPN Percontohan di 17 Provinsi yang dibentuk Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan pada tanggal 30 Juli 2007.

Penetapan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Medan II sebagai Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Percontohan dilakukan berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor : KEP-172/PB/2007 tentang Penetapan KPPN Percontohan di Lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan tanggal 26 Juli 2007.

Sejak berdirinya Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Percontohan Medan II sampai dengan saat ini telah mengalami pergantian kepemimpinan, dengan urutan Kepala Kantor sebagai berikut :

1.    Drs. H. Mascot Oloan Pasaribu
2.    Herry Riswandi, SH,CN
3.    Drs.Tarianus Tamba, MM
4.    Drs. Roswan
5.    Zaid Burhan Ibrahim, SE, MT
6.    Drs.Susanto
7.    Amra,S.Kom, M.M

  pak santo    pak amra

Hits: 2545